Notification

×

Iklan

Iklan

Panitia Pilkades Harus Memusdeskan Anggaran Kebutuhan Pilkades

Rabu, Juni 26, 2019 | Juni 26, 2019 WIB Last Updated 2021-10-20T04:16:11Z
Kepala Bapemas Eko Heru Sunarso duduk di tengah. (Doc: Maulana/Pablis.co)

JEMBER - Panitia Pemilihan Kepala Desa harus melakukan Musyawarah Desa (Musdes) terkait dengan item-item anggaran kebutuhan Pilkades bersama tokoh masyarakat dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD), guna untuk menghindari item-item yang tidak perlu.

Demikian disampaikan Kepala Bapemas, Eko Heru Sunarso usai melakukan sosialisasi di Pendopo Kecamatan Balung, Rabu 26 Juni 2019. "Misal, mengada-ngada harga sewa jenset, lima juta, itu tidak realistis. Di situ ada standard harga, semuanya sudah diatur dalam standard harga yang sudah ditentukan," ujar Heru.

Heru memberikan contoh lainnya, sewa kursi yang seharusnya Rp. 500.000 perhari dijadikan Rp. 5.000.000, itu tidak boleh. Jadi, semua harus patuh pada ketentuan yang ada. Menurut Heru, hal tersebut harus dilakukan dengan tegak lurus, guna meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan. 

Masalah anggaran, kata Heru, kabupaten ingin jangan sampai membebani calon. Khawatir ada yang punya kemampuan dan kapasitas untuk ikut tapi terkendala masalah anggaran. Nantinya, terkait hal tersebut Heru akan melakukan evaluasi.

"Sumber anggarannya dari tiga pertama APBD dalam bentuk barang, kedua APBdes dan pihak ketiga berupa sumbangan yang masuk ke rekening desa termasuk donatur yakni calon. APBdesnya bisa juga dilakukan perubahan penjabaran. Seumpama ada ADD yang fisiknya belum dilaksanakan, dimusdeskan dengan tokoh dan BPD untuk kepentingan Pilkades," kata Heru.

Heru menyebut kebutuhan masing-masing desa berbeda. Mulai anggaranan keamanan, jumlah panitia, ketersediaan akomodasi. Termasuk tenda, jenset yang masuk dalam tekhnis. Heru juga mengharuskan panitia netral, harus on the track sebab biasanya masalah muncul dari hal kecil. 

Heru dan panitia kabupaten berpesan agar panitia mulai BPD, PJ harus netral, profesional dan juga punya profesionalitas. Sehingga, bisa mengantarkan pemimpin yang amanah. Selain itu, Heru mengharuskan para calon memiliki pemahaman sebab persyaratan calon berbeda dengan sebelum-sebelumnya.

"Banyak persyaratan yang harus dipenuhi. Waktu pendaftaran tanggal 11, jadi calon hendak mendaftar persyaratan semua sudah terpenuhi, mulai ijazah, SKCK, bebas narkoba, tidak pernah dihukum oleh pengadilan, ini yang harus diperhatikan oleh para calon, jangan sampai waktu mendaftar persyaratan belum terpenuhi," ungkap Heru. (RF).
×
Berita Terbaru Update